Musim Dingin, Macam Macam Alergi, dan Pemicunya

Bagi beberapa orang, musim dingin tidak hanya bisa membuat jengkel, tetapi juga bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Cuaca dingin bisa menyebabkan serangan asma bagi penderita asma, bisa juga menyebabkan kulit menjadi ebih kering, serta memicu munculnya nyeri sendi. Bahkan, ada orang-orang yang benar-benar tidak bisa bertahan di udara dingin karena alergi dingin. Macam macam alergi dan pemicunya memang sangat beragam. Di sini, yang akan dibahas lebih lanjut adalah alergi yang pemicunya adalah udara dingin. Apakah Anda memiliki alergi semacam ini? Langsung saja lihat informasi lengkapnya pada uraian berikut ini.

Tanda-Tanda Alergi Dingin

Beberapa macam alergi dan pemicunya sangat berbeda-beda. Begitu pun mereka yang mempunyai alergi terhadap udara dingin. Orang-orang yang memiliki alergi terhadap udara dingin biasanya memunculkan gejala-gejala tertentu seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Tangan Membengkak
Ini adalah tanda paling umum yang akan ditunjukkan orang-orang yang alergi pada musim dingin. Pembengkakan bisa terjadi karena bagian tubuh ini sangat sensitif terhadap dingin. Pembengkakan akan terjadi pada jari-jari hingga ke lengan. Pembengkakan ini cenderung tidak berbahaya karena akan hilang dengan sendirinya jika tubuh tidak kedinginan. Yang berbahaya adalah jika terjadi pembengkakan di tenggorokan. Pembengkakan di tenggorokan bisa menyebabkan kematian.

2. Kulit Memerah
Kulit memerah saat berada di ruangan yang dingin juga menjadi pertanda bahwa seseorang tersebut mengalami alergi dingin. Beberapa macam alergi dan pemicunya memang sering tidak disadari. Seseorang biasanya menganggap kulit yang memerah tersebut adalah efek dari gigitan serangga. Padahal, tidak ada serangga di sekelilingnya. Masalah kulit memerah ketika berada di ruangan yang dingin biasanya akn hilang dengan sendirinya jika seseorang berada di tempat hangat. Akan tetapi, masalah ini akan lebih buruk jika penderita berada dalam kondisi yang sama selama 24 jam.

3. Gatal-Gatal
Sebagian besar alergi memang memunculkan gejala yang sama. Seseorang yang mengalami alergi dingin juga bisa ditandai dengan gatal-gatal. Reaksi ini akan langsung muncul jika seseorang berada di udara dingin. Gatal-gatal umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi, jika Anda terus menggaruknya hingga lecet dan berdarah, masalah lain yang akan muncul adalah infeksi. Beberapa macam alergi dan pemicunya seakan tidak berbahaya. Akan tetapi, tanda alergi tetap bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

4. Pusing
Gejala pusing ini dialami oleh penderita alergi dingin yang sangat parah. Biasanya tanda ini akan langsung muncul ketika tubuh kedinginan. Tidak seperti tiga gejala di atas, pusing yang disebabkan oleh alergi dingin bisa menjadi suatu gangguan kesehatan yang berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena gejala ini sering kali muncul ketika seseorang sedang berenang atau berjalan dalam udara yang dingin. Alergi ini bisa membuat penderitanya merasa kebingungan.

5. Sulit Bernafas
Tanda terakhir yang bisa muncul karena alergi dingin adalah sulit bernafas. Tanda ini lebih banyak muncul pada penderita alergi dingin yang juga menderita asma. Kesulitan bernafas ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika tidak segera ditangai dengan benar.

Pencegahan dan Perawatan Alergi Dingin

Pemicu alergi dingin adalah udara dingin, baik karena cuaca atau pendingin ruangan. Untuk pencegahan agar alergi tidak beresiko kematian, seseorang harus menggali informasi tentang beberapa macam alergi dan pemicunya. Misalnya, alergi dingin dipicu karena udara dingin. Setelah mengetaui penyebabnya, seseorang tersebut bisa melakukan pencegahan dan penanganan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk alergi dingin, beberapa pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan dingin atau minuman dingin agar tidak terjadi pembengkakan tenggorokan. Jika terpaksa berada di udara yang dingin, sediakan selimut tebal dan juga jaket agar menjaga tubuh agar tetap hangat dan tidak kedinginan. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang bisa meringankan gejala yang muncul akibat cuaca dingin.

Untuk pengobatannya, Anda bisa mengonsumsi beberapa obat alergi. Beberapa jenis obat alergi yang bisa Anda konsumsi adalah Omalizumab, Antihistamin, cyproheptadine, dan doxepin. Sebelum memilih obat alergi tertentu, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu ke dokter terdekat. Masalahnya, informasi tentang beberapa macam alergi dan pemicunya yang diperoleh dari internet kadang tidak akurat. Oleh karena itu, Anda harus memastikan alergi tersebut dengan melakukan tes alergi.

Untuk para penderita alergi dingin, Anda harus tahu bahwa tak ada obat apa pun yang bisa menyembuhkan alergi ini. Pengobatan yang Anda terima hanya untuk mengurangi sakit akibat gejala yang muncul. Oleh karena itu, Anda tetap harus melakukan kontrol terhadap diri sendiri untuk tidak mendekati penyebab alergi. Meskipun terlihat sepele, ada beberapa kasus kematian yang disebabkan oleh alergi. Demikian adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa tanda alergi dingin, pemicunya, dan cara pengobatannya. Informasi lain mengenai beberapa macam alergi dan pemicunya mungkin masih Anda butuhkan. Untuk itu, silahkan cari lebih banyak sumber.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *