Jangan Terburu-buru Membeli Minyak Goreng dengan Harga Grosir

Sebagai ibu rumah tangga, sangatlah wajar jika Anda tertarik barang-barang yang dijual dengan harga grosir khususnya untuk urusan sembako. Sebagai contoh, Anda pergi ke supermarket dan sedang ada promo minyak goreng grosir. Umumnya, tanpa berpikir dua kali, Anda akan langsung membeli beberapa untuk stok di rumah, bukan? Tapi tahukah Anda, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membeli minyak goreng. Jika minyak goreng yang sedang ditawarkan dengan harga grosir merupakan merk yang memang sudah ternama, mungkin Anda tidak memiliki keraguan sedikit pun. Tapi tidak jarang, harga grosir yang ditawarkan merupakan salah satu strategi merk atau produk baru untuk mencari pasaran. Apakah Anda akan langsung serta merta tetap membelinya karena harganya murah? Jangan terburu-buru ya, ibu. Ada baiknya Anda ketahui beberapa tips di bawah ini agar minyak goreng yang Anda beli tetaplah berkualitas.

Memperhatikan Karakteristik Minyak

Ketika membeli minyak goreng, karakteristik minyak merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Minyak goreng tersebut haruslah berkualitas dan juga sehat. Dua kategori tersebut harus Anda tempatkan di atas harga yang murah. Secara gampangnya, jika harganya murah tapi Anda mengetahui bahwa karakteristiknya tidak bagus, maka sebaiknya Anda tinggalkan saja. Akan lebih baik bagi Anda untuk membayar sedikit lebih mahal dan membeli produk lain ketimbang keluarga Anda nantinya yang akan jadi korban minyak goreng yang tidak berkualitas. Lalu, apa sih karakteristik minyak yang baik itu? Yang pertama adalah kejernihannya. Minyak yang bagus adalah minyak yang jernih. Teksturnya tidak terlalu kental dan pastikan juga agar minyak tidak mudah beku kecuali Anda membeli minyak kelapa. Perhatikan juga komposisi minyaknya. Cek di bagian belakang bungkus produk minyak tersebut dan lihat kadar kolesterolnya. Usahakan untuk memilih minyak goreng yang kadar lemak dan kolesterolnya rendah.

Memilih Minyak dengan Kandungan Omega 3

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bagaimana omega 3 sangatlah baik untuk kesehatan khususnya untuk urusan kesehatan jantung. Inilah mengapa sangat disarankan bagi Anda untuk memilih minyak goreng dengan kadar omega 3 yang tinggi. Selain itu, omega 3 juga sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak. Riset sudah membuktikan bahwa protein omega 3 sangat baik untuk menunjang kecerdasan anak.

Menggunakan Minyak dengan Baik

Anda sudah tahu karakteristik minyak yang baik dan juga tips yang lainnya. Jika Anda sudah yakin dengan beberapa hal tersebut, Anda bisa membeli minyak goreng dengan harga grosir tersebut. Namun, Anda juga harus tahu bahwa penggunaan minyak goreng juga tidak bisa sembarangan. Minyak yang berkualitas baik pun akan menjadi minyak yang tidak baik untuk kesehatan pada akhirnya jika Anda tidak menggunakannya dengan benar. Secara ideal, penggunaan minyak goreng yang baik adalah satu kali saja untuk setiap penggorengan. Setelah itu, Anda harus mengganti minyak goreng tersebut dengan yang baru. Artinya, Anda tidak boleh menggunakannya secara berulang-ulang. Hal ini karena sisa makanan yang tertinggal di dalam minyak goreng bisa berubah menjadi racun. Dan minyak yang digunakan berulang-ulang akan membentuk radikal yang bisa bersifat karsinogen atau memicu kanker. Menggunakan minyak secara sekali di sini berarti Anda menggunakannya untuk sekali waktu masak saja. Sebagai contoh, Anda ingin menggoreng satu ekor ayam. Jika memang memungkinkan goreng semua ayam tersebut dalam wajan yang besar agar Anda hanya menggoreng satu kali. Tapi jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggoreng ayam tersebut bergantian sampai habis. Namun setelah itu, ganti minyaknya dengan yang baru jika Anda ingin menggoreng bahan yang lain lagi.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *