8 Tips Agar Sukses dalam Merenovasi Kantor

Anda berencana untuk merenovasi kantor? Ada baiknya anda membaca 8 tips di bawah ini agar renovasi kantor anda bisa berjalan dengan baik, sukses, efektif, dan yang penting, sehemat mungkin.

  1. Ketahui kebutuhan kantor dan bisnis

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah bertanya pada diri anda sendiri tentang apa yang dibutuhkan oleh kantor anda. Anda harus tahu alasan anda mengapa anda harus merenovasi kantor anda. Menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut merupakan hal yang harus anda lakukan di tahapan awal. Tengok sekitar apakah kantor anda masih kondusif dan efektif? Apakah ada kebutuhan kantor dan operasional bisnis anda yang harus diakomodasi dengan cara merenovasi kantor.

  1. Ketahui kondisi kantor

Jika anda memang sudah memastikan bahwa kantor anda memang benar-benar butuh direnovasi serta anda sudah menemukan alasan-alasannya, ini saatnya anda melihat secara jeli tentang kondisi kantor anda. Hal ini bertujuan untuk benar-benar memastikan renovasi macam apa yang dibutuhkan kantor anda. Sebagai contoh, anda harus tahu ukuran ruangan staf anda dengan akurat sebelum melakukan renovasi dengan ruangan tersebut. Jangan sampai anda sudah membeli beberapa furniture namun ternyata furniture tersebut tidak muat untuk masuk ke dalam ruangan akibat anda tidak tahu kondisi kantor anda. Ini hanya akan membuat anda membuang-buang uang saja.

  1. Minta masukan dari staf kantor

Banyak orang yang akan merenovasi kantor tidak terlalu paham akan pentingnya poin ini. Padahal poin ini sangatlah penting. Anda perlu ingat bahwa mungkin ada banyak orang yang bekerja di kantor anda. Dan orang-orang tersebut lebih tahu tentang spot di mana mereka biasanya bekerja ketimbang anda. Jika anda ingin merenovasi suatu spot di kantor anda, pastikan anda bertanya pada staf-staf anda yang bekerja di spot tersebut agar anda bisa mendapatkan gambaran kondisi yang sebenarnya. Dengan mendapatkan masukan dari orang-orang tersebut, renovasi akan bisa berjalan dengan lebih efektif nantinya.

  1. Tentukan ide renovasi

Ya, anda wajib menentukan ide renovasi apa yang akan anda lakukan. Tentukan ide berdasarkan dengan kebutuhan serta kondisi kantor. Sebagai contoh, anda mungkin ingin merenovasi suatu ruangan menjadi lebih minimalis karena beberapa alasan tertentu. Pastikan anda sudah memiliki gambaran ide konsep renovasi yang minimalis macam apa yang akan anda aplikasikan. Dengan demikian anda bisa benar-benar melakukan renovasi pada kantor anda dengan lebih mudah nantinya karena anda sudah tahu idenya dan tinggal melaksanakannya saja.

  1. Buatlah perencanaan yang matang

Renovasi kantor mungkin terdengar mudah tapi pada prakteknya bisa menjadi cukup memusingkan kepala. Tanpa perencanaan yang matang, akan ada banyak sekali kendala yang anda hadapi nantinya. Menentukan ide renovasi hanyalah satu dari perencanaan yang wajib anda lakukan. Anda juga harus menentukan alokasi dana untuk renovasi, berapa lama renovasi dilaksanakan, dan lain sebagainya. Selalu berusaha untuk berpegang pada perencanaan yang sudah anda buat agar hasil renovasi bisa lebih memberikan kepuasan pada anda.

  1. Berkonsultasi dengan ahli

Berkonsultasi dengan ahli mungkin terdengar tidak penting karena hanya akan menambah pengeluaran saja. Tapi pada kenyataannya, sangatlah penting untuk melakukan hal ini. Ada beberapa hal yang anda tidak ketahui yang nantinya akan memberikan dampak dan kendala pada usaha renovasi anda. Sebagai contoh, anda mungkin ingin menyekat suatu ruangan dengan menggunakan gypsum. Namun setelah anda berkonsultasi dengan ahli, ternyata ruangan tersebut terlalu lembab yang nantinya hanya akan membuat gypsum cepat keropos. Oleh karenanya sebaiknya anda mengganti bahan penyekat ruangan dengan yang lainnya. Jika tidak berkonsultasi dengan ahli, anda tidak akan mengetahui hal semacam itu, bukan?

  1. Survey pasar

Ini yang penting, sebelum anda merenovasi kantor anda, lakukan survey pasar khususnya pada hal-hal yang berhubungan dengan usaha renovasi anda. Jika anda akan menggunakan jasa desain interior, survey dan bandingkan jasa mana yang termurah namun bisa memberikan hasil yang paling baik. Atau survey juga toko mana yang menyediakan furniture dengan kualitas baik dan harga paling terjangkau. Survey pasar akan memungkinkan anda semakin bijak dengan alokasi dana renovasi anda.

  1. Mencari tenaga yang tepat

Jangan asal-asalan memilih tenaga yang akan membantu anda merenovasi kantor. Jika menggunakan jasa desain interior, pastikan memilih jasa yang terpercaya dan bereputasi baik. Demikian juga jika anda akan menggunakan bantuan dari tukang dan lain sebagainya.

, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *